Cegah DBD, Pemdes Tlogorejo Lakukan Penyemprotan Fogging

tlogorejo-bjn.desa.id – Demam Berdarah Dengue atau DBD merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap terjadi di kala musim hujan akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Biasanya, salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebarannya adalah dengan penyemprotan atau fogging.

Pemerintah Desa Tlogorejo melaksanakan Fogging nyamuk untuk pencegahan demam berdarah di Empat Dusun, Dusun Karanggayam, Dusun Tengger, Dusun Delik dan Dusun Bakalan Selasa 06/12/2022.

Kepala Desa Tlogorejo Drs. H. Moh. Hamim mengatakan, adanya penyakit Demam Berdarah atau sering kali disebut dengan penyakit DBD, maka bentuk kepedulian terhadap lingkungan masyarakat sekitar, Pemerintah Desa Tlogorejo merasa perlu memastikan agar warganya tetap aman dan tidak terjangkit penularan DBD dengan cara melakukan penyemprotan (fogging), ungkapnya.

” Hari ini kami melaksanakan penyemprotan fogging menyeluruh ke empat duwun di wilayah Desa Tlogorejo, Harapan kami dengan adanya kegiatan penyemprotan fogging ini selain bisa membasmi nyamuk dewasa, kami juga harus bisa memastikan warga masyarakat aman dari penyakit DBD, pungkasnya. ”

Fogging atau pengasapan dilakukan sebagai salah metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, yaitu nyamuk Aedes aegypti. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida.

Insektisida inilah yang kemudian akan bekerja membunuh nyamuk dewasa penyebab menyebarnya penyakit DBD. Biasanya, insektisida yang digunakan ada beberapa jenis, meliputi malathion, cypermetrin, alfacypermetrin, pirimiphos-methyl, temephos, dan pyriproxyfen.

Perlu diketahui bahwa fogging dipercaya efektif sebagai upaya penanggulangan saat terjadi kasus kejadian luar biasa (KLB) atau wabah penyakit DBD di suatu daerah, yakni ketika populasi nyamuk dewasa sedang tinggi. Fogging dengan cepat menurunkan populasi nyamuk. ( PPIDesa Tlogorejo )