Sosialisasi Pembagian Kartu Tani Gapoktan Sumber Makmur Desa Tlogorejo

tlogorejo-bjn.desa.id | Gapoktan Sumber Makmur Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru Mengelar Musyawarah dan Sosialisasi Pembagian Kartu Tani di Wisata Budaya Telaga Pacal.Minggu, 6 September 2020 .

Acara kegiatan yang dihadiri PPL Kepohbaru Ibu Dyah Ratnaningtyas dan Bpk Mujito, Kepala Desa Tlogorejo Drs. H. Moh. Hamim. M. Mpd beserta jajarannya, BPD ,RT / RW, Pengurus Poktan Sumber Makmur 1,2,3 dan 4.

PPL Kepohbaru Ibu Dyah Ratnaningtyas dan Bpk Mujito dalam sambutannya menyampaikan Pembagian kartu tani di Desa Tlogorejo ini sementara dibagikan kepada 4 Poktan yaitu Kelompok Tani Sumber Makmur I, Sumber Makmur II, Sumber Makmur III, Sumber Makmur IV.
Dalam kegiatan ini, pihak PPL juga menjelaskan bahwa Kartu Tani ini merupakan program Pemerintah Pusat, dan Input data di Tahun 2017, jadi untuk Petani anggota Poktan yang belum mendapatkan kartu tani ini akan di data ulang untuk selanjutnya di input dan didaftarkan. Beliau juga menjelaskan tata cara serta teknis penggunaan kartu tani bagi petani untuk melakukan penebusan pupuk bersubsidi di kios pengecer resmi.

Sementara itu Kepala Desa Tlogorejo Drs. H. Moh. Hamim. M. Mpd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit seperti ATM yang difungsikan sebagai sarana untuk melakukan penebusan pupuk subsidi bagi petani. Keberadaan kartu tani ini diharapkan membawa dampak yang positif bagi semua kalangan. Tidak hanya bagi pemerintah dan pihak terkait saja, melainkan yang paling penting adalah bermanfaat bagi para petani. Adapun kartu ini digunakan para petani untuk berbagai kebutuhan dan memenuhi keperluan pertaniannya seperti salah satu contohnya adalah Pupuk bersubsidi, Dengan memiliki kartu tani petani akan mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi,ucapnya.

” Untuk pembagian Kartu Tani ini kita dari pemerintah desa bersama Pengurus GAPOKTAN dan POKTAN akan mengundang warga,selain silaturahmi kami juga akan menjeleaskan secara rinci terkait dengan kartu tani ini”,Pungkasnya.