Petani Desa Tlogorejo Mulai Tanam Padi Bantuan Program PPM KPM dari Pemkab

Tlogorejo-bjn.desa.id – Pasca diterimanya bantuan benih padi, Program Petani Mandiri – Kartu Tani Mandiri ( PPM-KPM ) diawal bulan November yang lalu dan sudah dibagikan kepada petani yang berhak menerima oleh Gapoktan bersama Poktan, sehingga para Petani di Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru Kompak menanam tanaman padi yang menjadi kebutuhan pokok tersebut.

Pada akhir tahun 2020 ini setidaknya ada 4 kelompok tani di Desa Tlogorejo yang sudah mendapatkan program andalan Pemkab Bojonegoro Tersebut.Banyak manfaat yang sudah dirasakan oleh petani pemegang Kartu Petani Mandiri ( KPM ), yang merupakan salah satu program andalan dari Ibu Bupati Hj. Anna Mu’awanah ( Pemkab Bojonegoro ). Salah satu manfaat yang dirasakan oleh petani adalah bantuan hibah sarana produksi berupa benih Padi dan pupuk Phonska plus.

Diantara kelompok tani yang mendapatkan PPM KPM adalah Poktan Sumber Makmur I, Poktan Sumber Makmur II, Poktan Sumber Makmur III dan Poktan Sumber Makmur IV.” Hari bantuan benih padi dari Pemkab Bojonegoro Untuk Desa Tlogorejo sudah mulai di Tandur ( Tanam Mundur ), sampai saat ini sudah ada puluhan hektar,” kata Mat Japar, Ketua GAPOKTAN Sumber Makmur, Jum’at 25 / 12 / 2020.

Menurut Pak Mat Japar, bersama anggota kelompoknya sangat senang dengan bantuan benih padi PPM KPM tersebut. Bisa meringankan biaya produksi bagi petani. Hal ini disampaikan Weksan saat pertemuan anggota kelompok tani dan penyuluhan pra-tanam oleh petugas lapang atau PPL beberapa waktu yang lalu di sekertariat Gapoktan .”Varietas yang kita pilih adalah Inpari 32 HDB, karena pengalaman petani lain yang sudah menanam hasilnya sangat baik,” imbuh Mat Japar.

Sementara itu Kepala Desa Tlogorejo Drs. H. MOH. HAMIM, M. Mpd, sangat mengapresiasi dan terima kasih banyak atas program PPM KPM Pemkab Bojonegoro, ” Kami selaku Pemerintah Desa sangat berterima kasih atas program PPM KPM dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Program PPM KPM berupa bantuan Benih Padi dan Pupuk Phonska plus ini sangat membantu meringankan beban warga khususnya para petani, dimana ditengah wabah pendemi Covid-19 ini,banyak petani yang penghasilannya menurun,” Jelasnya. red ( Admin )