Sarjana Tidak Harus Jadi PNS,Jadi Petani Juga Menjanjikan

Bukan Hal yang aneh jika Sarjana berfikir mau menjadi petani, Jika sarjana ingin mengembangkan Sektor Pertanian, karena Negara kita adalah Negara Agraris. Bukan Hal aneh jika para sarjana kembali ke kampung mengembangkan potensi daerahnya, membangun SDM dan Mengelola SDA secara Alamiah, bijak dan bekerja secara modern dan tidak meninggalkan kearifan local daerahnya.

Lahir dari sebuah perjalanan menjadi alumni perguruan tinggi, tidak wajib hanya menjadi seorang PNS, tetapi melangkah memilih jalan kehidupan menjadi seorang petani juga merupakan satu pekerjaan atau aktifitas yang menjanjikan.

Seorang PNS juga membutuhkan hasil dari pertanian yang berkualitas sehat dan ramah lingkungan, kesemuanya harus melalui SDM dan Ilmu yang memadai.

Seorang Sarjana menjadi petani akan menjadi pembeda dengan petani – petani yang lain, sehingga Sarjana Bertani mampu merangkul petani – petani yang lain.

Banyak hak petani yang harus di perjuangkan Baik Persoalan Pupuk Subsidi, Pengolahan Hasil Pertanian, Pemasaran, mengontrol Fungsi dan wewenang PPL, Dinas dll.

Jika petani hari ini cerdas, berani dan inovatif, pertanian akan maju, dan Program Swasembada akan terwujud, petani akan sejahtera dan bangsa akan kuat.