Pemerintah Desa Berikan Bantuan PMT Kepada Penderita Stunting

tlogorejo-bjn.desa.id – Pemerintah Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru memberikan bantuan berupa makanan tambahan kepada anak-anak penderita Stunting yang langsung di serahkan oleh Kepala Wilayah Satu ( Kawil I ) Ibu Dewi yang bertempat di Pendopo Desa, Kamis 2/12/2021.

Kepala Desa Drs. H. Moh. Hamim menyampaikan, Pemeberian Makanan Tambahan ( PMT ) tersebut bertujuan untuk memberikan asupan makanan bergizi kepada para penderita agar bisa tumbuh normal,Ucapnya.

” Kasus stunting di desa Tlogorejo sebanyak ± 10 anak yang terdiri dari anak usia di atas 3 tahun yang tersebar di semua kewilayahan”,Pungkasnya.

Sementara itu Ibu Bidan Polindes Desa Tlogorejo menjelaskan bahwa Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.Kekurangan gizi dalam waktu lama itu terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak atau 1000 Hari Pertama Kelahiran,jelasnya.

Menurutnya Penyebab staunting sendiri adalah karena rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral dan buruknya keragaman asupan makanan, sumber protein hewani dan terjadi infeksi pada ibu, kehamilan remaja, gangguan mental pada ibu, jarak kelahiran anak yang pendek, dan hipertensi. Selain itu, rendahnya akses terhadap pelayanan kesehatan termasuk akses sanitasi dan air bersih menjadi salah satu faktor yang sangat memengaruhi pertumbuhan anak,Ungkap Ibu Bidan.

Adapun cara pencegahannya adalah, Perbanyak makan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur lokal sejak dalam kandungan. Kemudian diperlukan pula kecukupan gizi remaja perempuan agar ketika dia mengandung saat dewasa tidak kekurangan gizi. Selain itu butuh perhatian pada lingkungan untuk menciptakan akses sanitasi dan air bersih,Pungkasnya.