Pemdes Tlogorejo Laksanakan Lelang TKD

Jum’at 05 Maret 2021 Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro mengadakan Lelang Tanah Sawah Kas Desa,Banyaknya warga yang ikut mendaftar pelelangan sawah Tanah Kas Desa di 4 Dusun yang ada Desa Tlogorejo.Panitia pelelangan sawah Tanah Kas Desa membagi  acara pelelangan menjadi 4 sesi, dimana 2 Sesi Kegiatan lelang TKD tersebut dimulai Pagi pukul 9.00 WIB, Untuk Dusun Karanggayam dan Dusun Tengger, Sedangkan Sesi 3 Dilaksanakan pukul 14.00 WIB, untuk Dusun Delik dan Sesi 4 akan dilaksanakan pukul 19.30 WIB Untuk Dusun Bakalan.

  • Karanggayam   : Jumlah Pendafar lelang 25 warga     – Warga yang mendapat lelang sebanyak 19
  • Tengger               : Jumlah Pendaftar lelang 22 warga   –  Warga yang mendapat lelang sebanyak 15
  • Delik                     : Jumlah Pendaftar lelang 69 warga   – Warga yang mendapat lelang sebanyak 62
  • Bakalan               : Jumlah Pendaftar lelang 42 warga   –  Warga yang mendapat lelang sebanyak 41

Pemdes Desa Tlogorejo mengadakan Lelang sawah Tanah Kas Desa dilaksanakan secara rutin setiap tahun sesuai dengan masa penggarapan tanah sawah Desa Tlogorejo. Hal ini dilaksanakan dalam rangka pengelolaan aset Sawah Tanah Kas Desa di Desa Tlogorejo.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua BPD Drs. Sunjani dilanjutkan sambutan dari Kepala Desa  Tlogorejo Drs. H. MOH. HAMIM. M. Mpd.

Dalam sambutannya Ketua BPD Drs. Sunjani menyampaikan,bahwa pelelangan Tanah Kas Desa ini mengunakan cara Demokrasi dan diharapkan untuk seluruh peserta lelang menerima dan menghormati hasil dari pelelangan yang di laksanakan,pungkasnya.

Acara lelang yang dipimpin oleh Panitia Lelang Desa dan dihadiri oleh perangkat desa didampingi BABINSA, BHABINKAMTIBMAS, Ketua BPD,Ketua LPMD dan Petani pendaftar. Dalam kegiatan pelelangan tahun ini Pemerintah Desa Tlogorejo menghimbau dan mengharuskan seluruh warga khususnya peserta lelang untuk selalu mematuhi Prokes COVID-19, sehingga peserta disediakan tempat cuci tangan dan diharuskan menggunakan masker.

Kepala Desa Tlogorejo Drs. H. MOH. HAMIM. M. Mpd. dalam sambutannya menegaskan,bahwa terkait pelelangan Tanah Kas Desa dan Bengkok sudah diatur dalam Perbup Nomor 18 Tahun 2017. Kemudian, untuk hasil pengelolaannya juga sudah diatur dalam Perbup Nomor 46 Tahun 2018. Untuk itu diharapkan agar peserta lelang TKD dan Bengkok agar mengikuti aturan pelelangan yang diselenggarakan Pemerintah Desa bersama Panitia leleng secara demokrasi dengan sistem di Undi, tegasnya.

” Menginggat banyaknya warga yang ikut mendaftar lelang sawah TKD dan Bengkok, Kami Pemerintah Desa Tlogorejo dan Panitia Lelang memalui musyawarah mengambil keputusan, agar untuk memprioritaskan peserta lelang yang betul-betul tidak mempunyai lahan garapan, Untuk itu kami berharap kepada seluruh warga  Desa Tlogorejo khususnya peserta lelang, untuk memakluminya.imbuhnya.”

Lelang “TKD dan Bengkok” merupakan lelang tanah sawah milik desa yang akan dikerjakan kegunaannya oleh warga desa dan hasil lelang digunakan untuk pembangunan dan kepentingan desa.Untuk itu kami Pemerintah Desa beserta Panitia Lelang, meminta kerjasama dan dukungannya agar dalam pelaksanaan lelang semua dapat mengendalikan diri menjaga etika serta mematuhi aturan dan tata tertib yang sudah ditetapkan, sehingga acara lelang dapat berjalan dengan tertib dan lancar.pungkasnya.