PEMDES Gelar Musyawarah Bersama Gapoktan,Bahas Pengendalian Hama Tikus

Tlogorejo_bjn.desa.id – Pemerintah Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro Gelar Musyawarah Bersama Gabungan Kelompok Tani Sumber Makmur guna membahas Pengendalian Hama Tikus, rabu malam 23 / 12 / 2020.

Dalam sambutannya Kepala Desa Tlogorejo Drs. H. MOH. HAMIM, M. Mpd, menyampaikan Pelaksanaan pengendalian hama tikus ini akan dilakukan oleh petani  secara bersama-sama ( kelompok tani ) dan terkoodinir dengan cakupan sasaran pengendalian dalam sekala luas,Meliputi area persawahan Desa Tlogorejo dan sekitarnya.

” Dalam pelaksanaanya Kita akan mengunakan sistem Pengendalian Hama Tikus Terpadu ( PHTT ),Kunci sukses pengendalian hama tikus terpadu adalah adanya partisipasi semua petani dan kelompok tani dilakukan secara berkelanjutan serta terkoordinir dengan baik. Pengendalian tikus sawah yang dilaksanakan secara sendiri-sendiri tidak akan mendapatkan hasil yang efektif. Hal tersebut disebabkan oleh mobilitas dari tikus sawah yang tinggi, sehingga daerah yang telah dikendalikan akan segera terisi lagi oleh tikus sawah yang berasal dari daerah sekitarnya “. Ucapnya.

“Insya Allah, Hari Minggu nanti sebelum memulai Kegiatan Serentak pembasmian dan pengendalian Tikus, Kami akan awali dengan Berdoa bersama di Area Persawahan, Pemerintah Desa, Tokoh agama, Tokoh Masayarakat dan Tentunya Para Petani akan Hadir. Ini adalah salah satu bentuk Kearifan Lokal Yang ada di Desa.” Terang Kepala Desa

“Kegiatan pengendalian diprioritaskan pada awal musim tanam, dilakukan petani secara bersama-sama dan terkoordinir dalam skala hamparan, intensif, dan berkelanjutan dengan menerapkan kombinasi teknik pengendalian yang sesuai salah satunya adalah dengan Teknik  Gropyok bareng di Lubang lubang yang diketahui merupakan Lubang Tempat Tikus bersarang. seperti tanggul irigasi, jalan sawah, pematang besar, atau tepi perkampungan” Jelas Kepala Desa

“Pada Kegiatan Pengendalian hama Tikus yang akan di laksanakan hari minggu nanti, Pemerintah Desa Tlogorejo juga sudah menyiapkan dana insentif sebesar Rp 2000 per satu ekor Tikus”,Pungkasnya. red ( Admin )