PEMDES, Gapoktan dan Kelompok Tani Gelar Gropyok Tikus Serentak

Tlogorejo-bjn.desa.id – Dengan semangat Gotong royong dan kebersamaan, Pemerintah Desa, Gapoktan, dan Kelompok Tani Sumber Makmur I, II, III dan IV, Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru gelar Gropyok Tikus secara massal dan serentak, dilaksanakan di tiap-tiap dusun dengan sistem Pengendalian Hama Tikus Terpadu ( PHTT ) Hari ini Minggu 27 Desember 2020.

Ratusan Petani dari empat dusun diantaranya Dusun Karanggayam, Dusun Tengger, Dusun Delik dan Dusun Bakalan begitu antusias mengikuti Pengendalian Hama Tikus Terpadu,Gropyok Tikus. Terik matahari tak mengurangi semangat para petani dalam membasmi binatang pengerat yang satu ini ( TIKUS ).

Kepala Desa Drs. H. MOH. HAMIM, M. Mpd, yang juga ikut dalam Gerakan Masyarakat Gropyok Tikus ini, mengatakan Hama tikus yang menyerang tanaman padi di desa kami memang cukup banyak,bahkan binatang pengerat yang satu ini sudah mulai menyerang tanaman milik petani dari mulai penyemain bibit padi sampai sekarang di saat selesai tanam.

Lihat Galeri Foto Gropyok Tikus : http://tlogorejo-bjn.desa.id/galeri/galeri-foto-gropyok-tikus/

” Kemarin Pemdes bersama dengan Gapoktan dan Kelompok Tani mengelar musyawarah, guna untuk mencari solusi bagaimana cara agar bisa mengurangi dan menekan populasi hama tikus ini, seteah melalui masukan dan usulan dari anggota musyawarah kami putuskan untuk mengelar Pengendalian Hama Tikus Terpadu dengan sistem Gropyok Tikus yang akan digelar selama lima hari kedepan”,Ujarnya.

” Melihat begitu antusiasnya pera petani yang mengikuti Gropyok Tikus ini, Kami yakin populasi hama tikus yang menyerang tanaman padi pasti berkurang, tentu, tidak mudah menangkap tikus yang bersarang di jalan usaha tani ( JUT ) ( Galengan ). tapi dengan semangat gotong royong dan kebersamaan para petani mudah-mudahan hama tikus ini segera bisa berkurang dan hilang”, Pungkasnya.red ( Admin )