MUSRENBANGDES Penetpan RKP-Desa Tahun 2022 dan DU-RKP Tahun 2023

tlogorejo-bjn.desa.id – Pemerintah Desa Tlogorejo Kecamatan Kepohbaru menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dengan agenda penetapan Rencana Kerja Pemerinta Desa Tahun 2022 (RKP-Des 2022) dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2023 (DURKP 2023), Kamis, 21 Oktober 2021.

Bertempat di Balai Pertemuan Desa Tlogorejo, pelaksanaan musrenbangdes dihadiri oleh kepala desa beserta Perangkatnya, BPD, LPMD, RT RW Kader Pembangunan Manusia (KPM), pendamping desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan tamu undangan yang berasal dari tokoh masyarakat.

Turut hadir Ibu Camat Kepohbaru Ibu Dra. Sri Nurma Arifa, MM,Terdapat dua agenda utama dalam musrenbangdes kali ini. Pertama, kegiatan ini merupakan rangkaian Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) perencanaan pembangunan di Desa Tlogorejo dengan menetapkan RKP-Desa Tahun 2022 yang telah disusun oleh Tim Penyusun RKP-Desa. Agenda kedua menentukan DURKP untuk Tahun 2023.

Khusus untuk poin kedua, peserta musrenbangdes memilih usulan kegiatan diluar anggaran yang bersumber dari desa namun dapat diakses desa untuk diusulkan ke Organaisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Usulan kegiatan tahun 2023 dapat diambil dari menu usulan yang telah disepakati Badan Perencanaan Pembangunan Daerah bersama OPD.

Kepala Desa Tlogorejo Drs. H. Moh. Hamim dalam sambutannya menegaskan bahwa Desa Tlogorejo merupakan desa Mandiri,oleh sebab itu kami menghimbau dan mengajak kepeda seluruh lembaga Desa untuk benar2 bekerja sama dalam memberikan pelayanan terhadap warga masyarakat.

” Terutama kepada bapak RT dam RW kami pemerintah desa mengharap kerjasamanya dalam melayani warga masyarakat,terutama dalam menampung aspirasi maupun kritikan,karena RT dan RW lah Lembaga Desa yang langsung dekat dan berdampingan dengan warga,untuk itu kami memohon RT RW jangan ewoh pakewoh untuk langsung merespon keluh kesah ataupun aspirasi warganya,” imbuhnya.

Kades juga menyampaikan bahwa Desa Tlogorejo terpilih untuk mengikuti lomba Transparasi Informasi yang di selenggarakan oleh Komisi Informasi Jawa Timur dan Alhamdulillah berkat kerja keras tim dan doa dari warga masyarakat, Tlogorejo berhasil masuk 10 besar dan harapannya Tlogorejo masuk 3 Besar sehingga bisa mengikuti Lomba Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional, Pungkasnya.