Musim Hujan Telah Tiba, Pemdes Sarankan Warga Agar Waspada di Musim Pancaroba, ada Cuaca Ekstrim

Tlogorej-bjn.desa.id – Musim hujan telah tiba, beberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro Khususnya di Wilayah Kecamatan Kepohbaru, Desa Tlogorejo juga sudah mulai diguyur hujan.

Namun, Kepala Desa Tlogorejo Drs. H. MOH.  HAMIM, M. Mpd  mengingatkan warganya agar selalu waspada.

Hal itu karena Kepala Desa memperkirakan akan terjadi cuaca yang ekstrim terjadi di peralihan musim.

Selain itu, warga diharapkan agar selalu berhati-hati dalam beraktifitas.

” Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di masa peralihan musim atau yang dikenal dengan masa pancaroba.Sesuai himbuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojinegoro, cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada masa peralihan musim kemarau menuju musim hujan, Oktober hingga November 2020, ” Ungkap Kades.

Ia juga menjelaskan, bahwa hujan yang terjadi pada saat pancaroba bersifat sporadis atau tidak merata dan terjadi secara tiba-tiba dengan intensitas yang lebat.

“Karena itu, kami Pemerintah Desa Tlogorejo menghimbau agar warga masyarakat untuk waspada dalam beraktifitas karena angin kencang sifatnya merusak,” imbaunya.

Selain itu,Kades juga meminta warga untuk menghindari berteduh di bawah pohon besar atau papan reklame saat hujan disertai angin kencang.

“Lakukan antisipasi dini, kesiapsiagaan, dan keselamatan di lingkungan masing-masing yang dimulai dari keluarga, komunitas dan tempat kerja,” Pungkasnya.