Guna Kemajuan BUMDes, Kades Ikuti Study Banding di Graha Bumdesa Mandala Yogyakarta

tlogorejo-bjn.desa.id –  Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas BUMDes agar lebih maju dan berkembang, Kepala Desa Se-Kecamatan Kepohbaru laksanakan study banding ke Graha Mandala Yogyakarta,salahsatunya Desa Tlogorejo,pada hari jum’at,19/11/2021.

Kepala Desa Tlogorejo Drs. H. Moh. Hamim mengatakan, Study Banding/kujungan kerja ke Bumdesa Graha Mandala Yogyakarta, ini dalam rangka penggalian potensi wisata dan peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) serta pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).Hal ini dilakukan karena BUMDes merupakan salah satu pendorong untuk kemajuan dan kemandirian Desa. Penggalian potensi desa menjadi faktor utama dalam pengembangan BUMDes,katanya.

” Dengan Adanya Studi Banding tersebut harapan kami Desa Tlogorejo melalui BUMDes harus mampu berkontribusi untuk membangun perekonomian berbasis pedesaan, karena pengelolaan BUMDes juga memerlukan dukungan yang serius. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) yang mengelola pun harus terampil dan cermat, agar dapat memajukan BUMDes, “Ungkapnya.

Penggalian dan pengembangan potensi Desa juga sangat diperlukan, ini sebagai langkah awal BUMDes yang di dalamnya, mencakup kegiatan masyarakat dan pengelolaan keuangan. Sektor Wisata dan Pengadaan Simpan Pinjam dalam BUMDes merupakan penunjang terbesar dalam PADes,dengan begitu banyaknya potensi yang dimiliki Desa Tlogorejo harus dikembangkan oleh BUMDes,Pungkasnya